Tips Belajar Diving….

4 02 2010

Oah raga sekarang ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian banyak orang. Olahraga sangat bermacam macam. Berdasarkan tempatnya ada olahraga di darat(out door), dalam ruangan(in door), udara, pantai bahkan dalam laut, diving misalnya.

Olahraga selam atau Diving, merupakan suatu kegiatan yang banyak digemari oleh kalangan, selam sangat bermacam macam, ada yang memandang selam sebagai suatu jenis olahraga yang dapat diperlombakan misalnya OBA, ada yang memandang selam sebagai suatu rekreasi misalnya menjelajah dalam air, ada orang melihat selam sebagai suatu riset atau penelitian seperti monitoring terumbukarang,arkeologi dsb.

Namun banyak orang juga yang belum paham dan tahu mengenai jenis olahraga yang satu ini, ada beberapa hal alasan olahraga ini kurang dilakukan oleh beberapa orang misalnya karena mahal, ada yang bilang olahraga ini menghitamkan kulit dsb, namun bagi sebagian orang olahraga ini sangatlah mengasikkan dan patut dicoba,kalau udah pengen apapun dilakukan untuk olahraga tersebut.

Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi semua orang yang ingin menjajal kegiatan tersebut,

1. Mencari Informasi
sebelum mengetahui seluk mengenai selam, baiknya mencari pegetahuan dasar atau informasi yang banyak mengenai selam tersebut, sehingga niat anda untuk menjadi seorang penyelam akan menjadi bulat.

2.Mengikuti Kursus Diving yang Terdaftar(diakui)
Banyak kursus diving yang dapat kita temui di Indonesia yang memberikan fasilitas dan tawaran yang bermacam-macam contoh salah satunya adalah Marine Diving Club (hehe memberikan refrensi), Pilihlah cursus yang menurut anda memudahkan anda, misalnya dekat dengan tempat tinggal ada karena satu paket kursus biasannya membutuhkan waktu lebih dari sehari dan sesuaikan jugalah dengan jadwal kegiatan anda.
3. membuat planing/perencanaan penyelaman
Sebelum kita melakukan penyelaman di laut, bagi yang pemula harus ditemani oleh seorang yang sudah berpengalaman menyelam misalnya instruktur atau dive master. Seorang dive master bertanggungjawab untuk membuat sebuah plening penyelaman secara detail sehingga mudah dan aman bagi penyelam pemula.

4.Memeriksa peralatan
Sebelum anda berpergian ke tempat diving, wajib memerikasa peralatan sesuai dengan scehedul penyelaman anda dan pastikan secara teliti bahwa fungsi peralatan anda berfungsi secara baik dan benar, karena anda akan kerepotan apabila sudah ditengah laut tapi masih kekurangan peralatan. Apabila anda belum mempunyai peralatan secara pribadi anda dapat menyewa peralatan selam tersebut (lebih murah).

5.Mempersiapkan bekal selama menyelam
menyelam ibaratnya sama dengan bertualang seperti naik gunung dll, ketika kita melakukan penyelaman kita juga harus mempersiapkan perlengkapan seperti perbekalan(makan, minum dan snack) selama kegiatan tersebut, karena selam juga menguras energi juga. Jangan lupa juga peralatan medis atau P3K untuk berjaga jaga.

4.Mempersiapkan Akomodasi dan transpotrasi
Untuk mencapai site penyelaman kita harus menggunakan transportasi seperti kapal penyelaman, jenis kapal tersebut juga bermacam macam. Pilihlah kapal yang nakodanya juga mengerti mengengenai peralatan selam sehingga dapat membantu ketika akan menyelam. Selain itu pilihlah tempat tinggal yang nyaman selama penyelaman.

5.Lakukan Pemanasan sebelum Menyelam

Pemanasan seperti perenggangan otot otot tubuh sangat perlu untuk mencegah terjadinya kram, biasannya dilakukan sebelum pergi menyelam.
Pemeriksaan medis dan lakukanlah tes renang sebelum melakukan aktifitas ini.

6.Pemilihan lokasi yang baik

Pilihlah lokasi penyelaman anda dengan baik, sebaiknya ada mencari informasi mengenai site penyelaman tersebut kepada orang yang sudah pernah menyelam di daerah tersebut atau menanya kepada nakoda kapal yang mengetahui medan daerah anda menyelam.

9.Melakukan perlindungan

Apabila anda seorang yang takut Kulit anda hitam karena panas matahari maka pakailah pakaian lengan panjang atau  sunscreen yang dapat menjaga agar kulit tidak terbakar. pemakaian suncreen dianjurkan tidak terlalu banyak karena menurut penelitian dapat merusak terumbukarang.

10. Mempersiapkan Kamera dengan matang
Apabila anda ingin berfoto saat diving di dalam laut, jangan lupa membawa foto digital yang biasanya memang bisa digunakan di bawah air, tentunya jangan lupa mengecek batrei sebelum menyelam sehingga anda dapat sepuasnya bernarsis ria hee..

14.Pastikan ramah lingkungan
Sebagai penyelam kita juga harus ikut menjaga kelestarian laut, pilihlah kapal yang sudah sadar dan tau mengenai pentinggnya terumbukarang, misallnya tidak membuang jangkar sembarangan. Sebelum berangkat ke kapal sebaiknya mempersiapkan tempat sampah sehingga tidak membuang sampah sembarangn ke laut, karena apabila dilaut dipenuhi oleh sampah akan membuat anda tidak nyaman untuk menyelam.

Demikian sedikit tips untuk menyelam…yang mau nambahin silahkan...salam diving…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: